Minggu, 12 Agustus 2012


Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 51V20MS
Gejala : i hidupkan sekitar beberapa menit kemudian mati total.Lampu led standby tidak menyala sama sekali
Penyebab : Hal ini menandakan bahwa rangkaian swtching (smps) tidak bekerja setelah panas.smps mengunakan STR w6753
Solusi : str w6753 ganti dng yg baru .. bila perlu heatsink di tambah lagi

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : SHARP C14JO
Gejala : GAMBAR KECIL HANYA BEBERAPA SENTIMETER DITENGAH SAJA
Penyebab : TRANSISTOR RUSAK
Solusi : GANTI Q604

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : Alexander
Gejala : gambar menyempit
Penyebab : depleksi short
Solusi : ganti defleksi

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 14Q25MKLL
Gejala : mati total
Penyebab : regulator kurang baik
Solusi : jika STR G5653 bagus sekring tdk putus cek R707 nilai nya 470k biasa mdah rusak...

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 29DXS250E
Gejala : mati total
Penyebab : fly back short menyebabkan beban tinggi sehingga psu protect
Solusi : ganti fbt dengan yg baru

Perangkat : TV
Merek : Samsung
Model : CS 5085
Gejala : GAMBAR VERTIKAL BAGIAN BAWAH KURANG DISERTAI DENGAN GARIS-GARIS TAK MENENTU.SERTA TIMBUL SUARA MELENGKING PADA SAAT STANDBY
Penyebab : ELCO RUSAK
Solusi : GANTI C407 : 330/50V

Perangkat : TV
Merek : Samsung
Model : SV-2050J
Gejala : GAMBAR TAMPAK FILCKER DAN BERGETAR DI SERTAI GARIS-GARIS TEBAL BERWARNA GELAP.
Penyebab : Elco kering atau kembung
Solusi : GANTI c 708 : 220/50V, C 517 DAN 518 : 100/160V


Perangkat : TV
Merek : Samsung
Model : CS-21A630BL
Gejala : gambar separuh layar saja
Penyebab : d303 in4004 penghubung stage
Solusi : ganti dioda ini. diukur bagus tapi saat diberi tegangan, baru kelihatan outputnya error

Perangkat : TV
Merek : Samsung
Model : CS-14S1V
Gejala : gambar hanya separuh
Penyebab : rangkaian vertikalnya,
Solusi : tegangan TDA8356 hilang

Perangkat : TV
Merek : Samsung
Model : CS 21K30ML
Gejala : Gambar dan suara ada tapi lebar gambar dilayar cuma +/- 10 cm tdk penuh atas bawah layar disertai garis putih horizontal ditengah layar
Penyebab : Dikarenakan vertical tidak bekerja maksimal
Solusi : Setelah cek ic vertical dan komponennya ternyata bagus....akhirnya tinjau yoke lepas solderan ujung2nya lalu cek gulungan coilnya satu persatu ternyata lilitan vertcal deflection putus sebelah... Setelah kubongkar dan sambung lagi tv jadi normal

Perangkat : TV
Merek : Samsung
Model : SLIMFIT
Gejala : MATI TOTAL
Penyebab : IC MICOM / KILLER
Solusi : GANTI IC KILLER LA
Catatan : SOLDER ULANG

Perangkat : TV
Merek : LG
Model : soundmax
Gejala : protec,gak mau start,B+ drop dan 24v naik
Penyebab : flyback rusak
Solusi : ganti flyback 6174Z-8005C

Perangkat : TV
Merek : LG
Model : 21FC1CG
Gejala : Gambar mengecil berbentuk kotak di tengah layar
Penyebab : Defleksi/yoke ada yang putus di bagian vertical
Solusi : Bongkar Yoke bagian vertikal dan cari kawat email yang putus lalu sambung lagi

Perangkat : TV
Merek : LG
Model : MC994A
Gejala : setelah 2 menit tv standby
Penyebab : solderan retak pd bagian power suply
Solusi : solder ulang bag power suply

Perangkat : TV
Merek : LG
Model : CA 51 T 80
Gejala : gambar garis horisontal
Penyebab : IC vertikal TDA 8351
Solusi : ganti IC vertikal TDA 8351

Perangkat : TV
Merek : LG
Model : Flatron
Gejala : Gambar Normal setelah agaklama dinyalakan timbul Suara Gemeretak dan terkadang suara hilang dan timbul tenggelam
Penyebab : IC Volume/tone control LV 1116 mengalami gangguan internal
Solusi : ganti ic LV1116

Perangkat : TV
Merek : LG
Model : LG RD-21FB70V
Gejala : Mati StandbY
Penyebab : D23 SHORT
Solusi : D23 ganti dengan IN4148
Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : MX51323
Gejala : gbr hilang (matot)
Penyebab : dioda mati
Solusi : D522=IN4002 pada bagian regulator 14v dalam keadaan mati

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : MX20323
Gejala : Gbr hilang, noise
Penyebab : Dioda setengah rusak
Solusi : D522=IN4002 ganti baru

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : minimax
Gejala : protect
Penyebab : protect vertical
Solusi : ganti c402

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : minimax 21
Gejala : vertikal menyempit.lebarnya cuma menjadi sktr 10cm.
Penyebab : semua tegangan vertikal normal,komponen,resistor,IC,kapasitor semua ok.
Solusi : saya ganti dioda 1N4002 yang deket IC vertikal.(lupa no seri nya D:?? )ternyata dioda tersebut meski di cek tidak bocor.begitu saya ganti langsung mak nyuzz...
Catatan : ternyata pengamatan secara visik,dan multi meter kita masih bisa di bohongi oleh komponen.sehingga hendaknya menjadi catatan bagi kita para teknisi untuk lebih jeli dan teliti . dan prinsip ganti dulu

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : DM-1485
Gejala : Gambar Putih Polos Tanpa OSD
Penyebab : raster noise salju nggak ada
Solusi : ganti transistor T311=BC547


Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : ga ada
Gejala : ganbar hanya garis vertikal
Penyebab : terjdi sorting pada capasitor
Solusi : ganti capasitor 364j/400v

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : changhong 21
Gejala : tidak ada suara meski icaudio diganti
Penyebab : sistem mutingnya terproteksi
Solusi : cabut aja tr inputpada ic audionya letaknya dekat ic audionya

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : DAT 21 INC
Gejala : MATI TOTAL
Penyebab : transistor C1015 dibagian regulator short
Solusi : ganti transistor dengan yang baru

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : JUC 14INCH
Gejala : Gambar ngeblur
Penyebab : TR C1815 di bagian RGB rusak
Solusi : Ganti

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : IZUNLI TC-1418B
Gejala : Gambar dan suara tidak ada, Power supply normal.
Penyebab : Vcc ic M52340SP pin 9, tidak ada tegangan,Zener dan resistor angus,tidak diketahui nilainya.
Solusi : Pin 9 mengambil vcc dari pin 20 dengan memakai R 1 ohm,

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : tv cina
Gejala : gambar bergaris mendatar
Penyebab : IC vertikal rusak
Solusi : ganti segera IC nya

Perangkat : DVD
Merek : China Brand
Model : xxxxxx
Gejala : No disc
Penyebab : optik lemah, motor pemutar disk sdh tidak linear putaranya
Solusi : Setel kepekan optik/ganti baru, ganti motor

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : blek series
Gejala : buyi cit cit ga hidup
Penyebab : dioda zener konslet
Solusi : ganti dioda zener skunder+ganti elko di power suplay biar aman

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc 2088 gold sound
Gejala : suara ada crt tidak hidup,pemanas tidak menyala teg. hanya 2 volt. tegangan b+ normal output dari flyback turun atau gak normal.
Penyebab : flyback rusak.
Solusi : ganti flyback\

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 29 inch
Gejala : sewaktu di program tak dapat siaran 1 pun
Penyebab : tuner rusak.
Solusi : ganti 1 blok tuner lengkap.

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc25v20j
Gejala : kali pertama dinyalakan normal,beberapa saat kemudian horizontal out mati,sementara fungi panel tetap bekerja(volume dan chanel)
Penyebab : tegangan 5v utk ic processor turun,ini disebabkan oleh kerusakan elco (c826),pada filter reg out 7805.
Solusi : elco diganti

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC-20S11J
Gejala : hanya standby,tombol di tv tidak berfungsi meskipun dari remot tetap standby
Penyebab : tegangan AC220 tidak stabil
Solusi : ganti TR DRIVER horizontal D1275A atau C1573
Catatan : Periksa semua tegangan dari regulator harus stabil. kalo oper. tr selalu mati
Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : jadul
Gejala : mati total ada bunyi mencuit pada trafo swiching
Penyebab : dioda pembatas tegangan rusak..
Solusi : ganti dioda RM 25 atau dengan persamaannya dioda zener 56 v....

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC-2088MNB
Gejala : Led indikator kedip-kedip
Penyebab : D511(sensor heater)mengalami short
Solusi : ganti part diode dg yang baru
Catatan : SUKSES BUAT REKAN-REKAN SEMUA

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 2088
Gejala : Gambar gelap , suara ada .
Penyebab : Di bagian ABL.
Solusi : Periksa R525- 150 Kohm .

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : yg pakai trafo C1C6A
Gejala : tdk ada gambar & suara
Penyebab : dioda Panasonic short,elko Regltr 47uf/35v & 47uf/50v
Solusi : ganti semua yg ada di penyebab.

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : quintrik
Gejala : raster blawur warna warni
Penyebab : soket tabung korosi
Solusi : ganti soket tabung,dengan yang baru dijamin

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : minimax
Gejala : hidup trs stanby
Penyebab : c 507 kring
Solusi : ganti elco tsb

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : MX5258
Gejala : layar nyala blank dan cuma ditengah kanan kiri menyempit
Penyebab : Suplay tegangan vcc 5volt kaki 55 IC HBT-00-04G bermasalah...
Solusi : R617 rusak warnanya sudah tdk jelas,D612=5v1 sudah short dan TR504:C2328A satu lagi C514=1000uf/25v udah moncrot...

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : 14 inch
Gejala : mati total, sebelumnya terdengar kalo flyback bocor
Penyebab : tr horisontal short, flyback bocor (retak), kapasitor milar horisontal out of value
Solusi : ganti tr horisontal, flyback dan milar horisontal

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : minimax
Gejala : tidak ada gambar ada suara
Penyebab : plybecnya shit
Solusi : ganti playbec

Perangkat : TV
Merek : Polytron
Model : 51N21
Gejala : tv nyala sebentar proteksi lagi
Penyebab : elco bagian vertikal c402 1uF/50v kering
Solusi : ganti elco c402 dengan yang baru.


Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : mesin china
Gejala : tdk ad gambar
Penyebab : kapasitor ceramik short
Solusi : ganti c441 tertulis 360

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : mithochiba 21
Gejala : standby
Penyebab : kondensator ceramik
Solusi : ganti c705 dngn 18cf
Catatan : tv ini menggunakan LA76810A dan LC8633XXX

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : changhong 20 inci
Gejala : siaran bergeser setelah sekian menit
Penyebab : tegangan 14.5 v kurang full
Solusi : putar vr b+ sampai didapat tegangan yang pas

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : changhong
Gejala : STANDBY
Penyebab : kondensator short
Solusi : ganti C.100uf 200v dan c100nf/25v
Catatan : CHANGHONG type terbaru ini memakai IC single 8897CSBNG6PR6>sedangkan SMPS memakai STR >CQ1265...

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : nikitex 14 inci
Gejala : mati total
Penyebab : bagian regulator bermasalah.transistor a1015 putus
Solusi : ganti a1015 nya

Perangkat : TV
Merek : China Brand
Model : mitochiba
Gejala : mati total
Penyebab : tegengan listrik tidak stabil
Solusi : periksa fuse utama, jika fuse putus periksa semua transistor regulator. jika ada yg putus atau short, ganti dg yg baru.
Catatan : sebaiknya transistor diganti dg tipe yang sama.
Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : universe 20U250
Gejala : protec,lampu merah kedip 6x
Penyebab : tegangan PLN spanning,C612 100mf/160v melembung mengakibatkan data error
Solusi : ganti ic eeprom 24c08

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 29ZF250S
Gejala : gambar cacat vertikal
Penyebab : tegangan 24v ic vertikal drops
Solusi : R501 0,22ohm molor nilainya,ganti R o,22ohm/2w

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : piccolo
Gejala : gambar mengecil bagian atas dan bawah
Penyebab : resistor antara playback yg menuju ic vertikal putus
Solusi : ganti dengan nilai yg sama,apa bila tidak ada perubahan ganti ic vertikal dengan yg baru
Catatan : cek juga elco yg ada pada bagian vertikal kemungkinan ada yg lemah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar